Selasa, 27 September 2011

paprika

Paprika (Capsicum annuum) adalah sejenis cabai yang berasa manis dan sedikit pedas. Paprika berasal dari family terung-terungan (Solanaceae). Tanaman ini termasuk tanaman semusim atau tanaman berumur pendek. Tanaman paprika tumbuh sebagai tanaman perdu atau semak, dengan ketinggian mencapai 4 m. Bentuknya unik, yaitu besar dan gendut seperti buah kesemek.
Paprika sering digunakan sebagai bumbu masakan atau bahan sayuran. Berbeda dengan cabai biasa, biji paprika biasanya tidak dimakan, dan  cabai paprika mempunyai rasa tidak pedas karena tidak ada kandungan capsicin yaitu zat yang menimbulkan rasa pedas cabe sedangkan cabe biasa mempunyai kandungan capsicin. Berdasarkan warnanya, paprika dibedakan atas paprika hijau, paprika merah, dan paprika kuning. Berdasarkan rasanya, paprika dibedakan atas dua jenis, yaitu paprika manis yang bentuknya besar dan paprika pedas yang bentuknya lebih kecil.
Paprika berasal dari Amerika Selatan. Tanaman ini cocok tumbuh di berbagai iklim dan dapat tumbuh di berbagai belahan dunia. Di Indonesia, paprika banyak dikembangkan secara hidroponik di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar