Sabtu, 01 Oktober 2011

Teknik melukis aquarel, plakat, spray, pointilis, tempera


Aquarel

Cat air atau populer juga dengan sebutan aquarel adalah medium lukisan yang menggunakan pigmen dengan pelarut air dengan sifat transparan. Meskipun medium permukaannya bisa bervariasi, biasanya yang digunakan adalah kertas. Selain itu bisa pula papyrus, plastik, kulit, kain, kayu, atau kanvas.
Secara umum, cat air digunakan karena sifat transparansinya. Gouache adalah medium sejenis yang tidak transparan.
Hasil karya lukisan cat air biasanya bersifat sangat ekspresif, atau sebaliknya sangat impresif, tergantung teknik yang digunakan.


Plakat
        Yaitu teknik melukis ini menggunakan cat minyak, cat poster, atau cat akrilik . Dan pada saat kita menggunakan dilakukan dengan goresan yang tebal, sehingga menghasilkan warna pekat dan padat.

Spray
Semburan cat angin berbeza dengan lukisan cara biasa.. Lukisan angin atau seni air brush merupakan seni halus yang biasa digunakan sebagai penghias kenderaan tak kira kereta atau motorsikal.. Untuk mendapatkan lakaran yang cantik dan kemas, kos yang ditawarkan pakar-pakar airbrush memang harganya mahal bergantung kepada tahap kesukaran dan saiz lukisan.

Pointilis
        Yaitu teknik melukis ini mempergunakan poin-poin atau titik-titik sebagai unsure pembentuk lukisan. Poin-poin atau titik-titik ini terutama digunakan pada saat membuat objek lukisan yang gelap dan terang.

Tempera
        Yaitu teknis melukis yang dilakukan khusus pada dinding yang masih basah sehingga dengan demikian, maka hasil nya akan menyatu dengan arsitek nya.  



1 komentar: